skip to Main Content

Inilah Amalan Bulan Rajab yang dapat Diajarkan Pada Anak

Rajab

Oleh : Dhilla Nuraeni Az-zuhri

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan. Karena memiliki berbagai keistimewaan di dalamnya. Seperti yang telah Allah tuliskan dalam Firman-Nya, Q.S At-Taubah ayat 36. Yang artinya : Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah aialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram (yang dimuliakan).

Karena bulan rajab merupakan bulan yang istimewa, maka segala bentuk amalan akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Mengingat anak-anak sangat mudah dilatih, maka ada baiknya ajarkan beberapa amalan bulan rajab ini pada anak. Berikut beberapa amalan bulan rajab yang dapat diajarkan pada anak

Puasa rajab
Seperti yang kita ketahui puasa pada bulan rajab akan mendatangkan pahala. Jika berpuasa sebanyak 3 hari pada bulan rajab maka akan dibuatkan parit yang panjang untuk menghalangi orang tersebut ke neraka. Hal ini dapat diajarkan pada anak untuk berpuasa.

Silaturahmi
Melakukan silaturahmi kepada siapapun akan mendatangkan pahala dan keberkahan rizki. Apalagi jika silaturahmi ini dilakukan pada bulan rajab. Kegiatan silaturahmi atau menyambungkan persaudaraan dapat diajarkan pada anak agar anak terbiasa menjalin silaturahmi dengan siapapun.

Membaca Al Quran
Kegiatan membaca Al Quran tentu sangat berpahala. Jangankan membacanya, mendengarkannya pun sangat berpahala. Maka dari itu, memperbanyak membaca Al Quran pada bulan rajab sangat berpahala.

Perbanyak istighfar
Amalan selanjutnya yang dapat dilakukan pada bulan rajab adalah memperbanyak istighfar baik sesudah shalat fardu, shalat sunat maupun sedang berkegiatan. Membiasakan membaca istighfar pada bulan rajab akan mendatangkan pahala.

Melakukan sedekah
Bersedekah dapat dilakukan kapan saja sebetulnya. Namun apabila bersedekah pada bulan rajab sangat berpahala. Bersedakah tak harus selalu dengan uang atau bentuk materi saja, hal kecil pun dapat dijadikan sedekah. Dan hal ini dapat diajarkan pada anak-anak.

Itulah beberapa amalan yang dapat diajarkan kepada anak-anak. Semoga kita dapat menjadi teladan yang baik untuk anak-anak kita. Aamiin.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top