skip to Main Content

Yuk Atasi Insecure Bersama!

Oleh: Siti Fatonah

Awal tahun sebuah film dengan judul imperfect berhasil mengambil hati penonton Indonesia, sebuah film yang menceritakan tentang seorang perempuan yang selau dibanding-bandingkan dengan adiknya yang memiliki bentuk tubuh dan warna kulit, yang menurut sebagian besar masyarakat kita sebut dengan cantik. Sedangkan dia tidak memiliki hal tersebut.

Dalam film tersebut, muncullah kata insecure. Hingga akhirnya kita sering kali mendengar ungkapan tersebut, baik itu di timeline media sosial ataupun mendengarnya langsung dari seorang teman yang mana dia sedang mengalami hal tersebut. Namun sebenarnya insecure itu apa sih?.

Insecure merupakan perasaan tidak aman, tidak tenang, gelisah dan takut akan sesuatu kondisi. Perasaan tersebut hadir disebabkan oleh banyak hal, bisa karena merasa bersalah, malu maupun merasa memiliki banyak kekurangan ataupun merasa tidak mampu melakukan sesuatu. Contohnya apa saja?. Insecure karena merasa tidak dihargai ketika berada di rumah, selalu dibanding- bandingkan dengan saudara ataupun dengan orang lain.

Merasa insecure karena kondisi orangtua yang tidak harmonis dirumah bahkan berakhir perceraian sehingga merasa tidak bisa diterima dilingkungan pertemanan atau selalu merasa menerima penolakan dari seseorang yang dicintai. Bisa juga merasa insecure karena tidak sekolah atau kuliah ditempat yang terhitung favorite dan selalu memiliki perasaan tidak akan mampu bersaing dengan mereka yang lulus dari sekolah atau universitas tersebut.

Ada pula yang mera insecure karena belum juga mendapat pekerjaan padahal sudah lulus sekolah atau kuliah, sedangkan teman-teman terdekat sudah bekerja sesuai dengan bidangnya. Perasaan insecure yang sering terjadi adalah rasa kurang percaya diri karena penampilan terhadap diri sendiri. Merasa tidak percaya diri karena miliki warna kulit yang kurang cerah, tinggi badan yang tidak sesuai dengan keinginan. Bahkan merasa tidak percaya diri karena berat badan tidak sesuai dengan standar yang dibuat sendiri.

Akibatnya selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, merasa tidak berharga dan yang paling tidak diharapkan dapat berujung pada self-harm bahkan percobaan bunuh diri. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan terjadi pada diri kita ataupun pada orang-orang terdekatkan. Seperti yang dilasir dari Psych Central, psikoanalis Jerman bernama Erich Fromm mengungkapkan, bahwa manusia harus menolerasnsi rasa tidak aman tersebut. Nah bagaimana cara agar kita bisa menolerasnsi rasa inscure dan menyelamatkan kepercayaan diri?

Self Love dan jangan berkamuflase dengan kata-kata percaya diri

Aku pasti jadi yang terbaik hebat!” “Aku pasti bisa melakukannya!” adalah frasa umum yang digumamkan pada diri sendiri, yang akhirnya malah membuat semakin terpuruk. Mengapa? Ini adalah kebohongan yang terpaksa kamu yakini.

Sebaiknya, ketika kamu kurang yakin terhadap suatu hal, setidaknya 75 persen, maka terima kenyataan bahwa itu tidak akan berhasil. Faktanya, memang tidak semua hal bisa kamu dapatkan. Dibandingkan menghibur diri dengan kata-kata kosong, yang akhirnya berujung kekecewaan dan membuat kamu kehilangan motivasi serta mudah menyerah.

Setelah kamu menyadari bahwa dirimu tidak akan mampu menyelesaikan sesuatu tersebut atau dirasa tidak akan bisa seperti apa yang diharapkan, tak perlu juga membanjiri diri dengan kata- kata yang kurang baik atau kalimat yang bisa membuat diri menjadi drop dan insecure yang perlu kamu lakukan adalah memperbanyak self love.

Seperti mengucapkan terimakasih pada diri sendiri karena sudah berusah. Kamu sudah pernah melakukannya?

Jangan bandingkan diri kamu dengan oranglain

Kita semua percaya bahwa setiap orang memiliki keistimewaannya sediri, miliki potensi yang berbeda-beda yang diberikan oleh Tuhan. Begitupun dengan kekurangan yang dimiliki, dengan ukuran berbeda-beda pula. Tak perlu, berpikir bahw kamu tidak berharga, jurang pintar ataupun perasaan yang bisa membuat dirimu insecure dan merasa tidak berharga. Daripada tenggelam dengan membandung-bandingkan diri dengan orang lain, lebih baik fokus pada kemampuan atau kelebohan yang dimiliki dab jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Temukan kelebihan diri dan Tingkatkan!

Perasaan insecure memang tidak akan hilang dalam satu malam, namun tidak ada salahnya jika ketika kita merasakan perasaan tersebut segera beranjak dan lebih fokus pada kelebihan ataupun

kemampuan yang dimiliki. Alih-alih terus menerus terjebak pada perasaan yang tidak berharga tersebut, lebih baik jika kita terus meningkatkan kemapuaan ataupun kelebihan diri.

Bisa dimulai dengan hal-hal sederhana ataupun hobi yang kita senangi, tidak sedikit cerita dari seseorang yang berhasil dibidangnya berawal dari kegemaran yang selama ini ditemuki. Jadi kamupun bisa lebih berarti lewat kelebihan yang dimiliki, syaratnya sederhana. Mau mencoba atau tidak!

Temukan support system dan lingkungan yang positif

Saat sedang down karna rasa insecure, kamu butuh lingkungan dan seseorang yang menyebarkan aura positif, seperti teman atau keluarga. Mungkin kamu bisa meminta dukungan dari mereka jika sedang merasa tidak percaya diri, jauhkan diri jika ada orang terdekatmu yang tidak memberi positif vibe untuk dirimu.

Lingkungan postifpun bisa membuat kita lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari, berpikiran terbuka dan tentunya berfikir positif pada setiap aktivitas yang kita lakukan. Terlebih orang-orang tersekat yang menjadi support system bagi kita. Jadi sangat penting untuk menemukan support system untuk bisa move dari perasaan insecure begitupun menemukan atau menciptakan lingkungan positif sebagai penunjang langkah move on kita!.

This Post Has 2 Comments

  1. Jazakillah Khoir Bu Siti Fatonah 😊🙏✨
    Aku udh baca buu
    Bener2 bermanfaat sekali
    Ibu Hebatt (Good 👌✨)
    .
    By: ~Melissa (7H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top