skip to Main Content

Uninus Berikan Beasiswa dan Keringanan Biaya Kuliah bagi Keluarga Besar Nahdlatul Ulama

Bandung, NU Online

UNTUK meningkatkan mutu SDM di kalangan ormas Islam khususnya NU, Uninus memberikan beasiswa maupun keringanan biaya kuliah bagi pengurus dan kader badan Otonom NU.

“Uninus memberikan kesempatan lebih luas kepada kalangan masyarakat khususnya kepada pengurus dan kader Badan Otonom NU. Jumlah perguruan tinggi di lingkungan NU sebanyak 248 buah,” kata Rektor Uninus, Engkus Kuswarno, saat penandatanganan kerjasama Uninus dengan Badan Otonom NU Jabar, Kamis 2 Juli 2020.

Dia mengatakan, banyak peluang yang bisa dikerjakan antara perguruan tinggi dengan ormas Islam, karena ormas Islam memiliki jaringan pesantren, madrasah maupun sekolah. “Kerjasama ini bukan hanya soal pendidikan atau beasiswa kuliah, melainkan juga penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya.

Badan Otonom NU Jabar yang menjalin kerjasama, adalah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jabar, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Jabar atau persatuan pesantren NU, Gerakan Pemuda Ansor Jabar, NU Kota Bandung, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jabar, dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Bandung.

Sedangkan Ketua Pergunu Jabar, Saepuloh mengatakan, dengan kerjasama ini para guru NU bisa mendapatkan beasiswa dan keringanan biaya kuliah di Uninus dari tingkat S-1, S-2 sampai S-3. “Tentu dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kemampuan guru sekaligus kesejahteraannya,” ujarnya seraya menambahkan tahun lalu ada 120 guru NU yang ikut S-2 Uninus.

Sementara Ketua PC NU Kota Bandung, KH. Agus Syarief Hidayatullah mengatakan, potensi Uninus termasuk para alumninya luar biasa, namun belum tergali dengan baik. “Uninus harus merangkul kembali para alumninya untuk meningkatkan mutu agar menjadi universitas unggulan. Kerjasama ini sebagai titik awal untuk upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi NU, sekaligus meningkatkan SDM NU,” ucapnya.

Dia meminta agar para pelajar NU dan kaum Nahdliyyin bisa memanfaatkan kerjasama ini agar bisa kuliah dengan keringanan biaya dari Uninus. “Apalagi Uninus kan milik NU sehingga harus kita kembangkan agar bisa menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan nasional bahkan internasional,” katanya.***

Editor: Syamsul Bachri

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01582892/uninus-berikan-beasiswa-dan-keringanan-biaya-kuliah-bagi-keluarga-besar-nahdlatul-ulama

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top