skip to Main Content

UIN SGD Bandung Pecahkan Rekor MURI, Kukuhkan 13 Guru Besar

Sumber Gambar: Https://www.cibermedia.id/

Bandung, Media NU Kota Bandung,  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung mengukuhkan 13 guru besar dan masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). Pengukuhan dilaksanakan di kampus I UIN Bandung, Jl A.H Nasution, Cibiru, Kota Bandung. Rabu (25/11/2020). Penganugerahan 13 orang guru besar tersebut diberikan kepada:

(1) Prof. Dr. H.M. Subandi, Drs., Ir., MP. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Budidaya Tanaman Perkebunan; (2) Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Psikologi Konseling Fakultas Psikologi; (3) Prof. Dr. Yadi Janwari, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Islam; (4) Prof. Dr. H. Nana Herdiana Abdurrahman, SE.AK., MM sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen; (5) Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah; (6) Prof. Dr. H. Koko Komaruddin, M.Pd sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir; (7) Prof. Dr. H. Sahya, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik; (8) Prof. Dr. Hj. Endah Ratnawaty Chotim. Dra, M.Ag., M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosial; (9) Prof. Dr. H. Badruzzaman, M. Yunus, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir Fakultas Usluhudin; (10) Prof. Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Islam; (11) Prof. Dr. H. Jaja Jahari, M.Pd sebagai Guru Besar Bidang Ilmu dan Administrasi Pendidikan; (12) Prof. Ahmad Ali Nurdin, MA., Ph.D sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Politik Islam; (13) Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid,M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Politik Hukum Islam.

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si mengatakan bahwa kehadiran guru besar di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) akan mejadi solusi dan berharap adanya sinergi antara keilmuan dan kearifan.

“Mari kita kuatkan keilmuan kita dan lanjutkan kearifan kita. Prestasi yang hari ini kita dapatkan bukan dihasilkan oleh tangan kita sendiri, karena banyak pihak yang ikut terlibat,” ungkapnya.

“Saya ingin mengajak, bawa apa yang kita dapatkan hari ini adalah motivasi untuk terus berjuang, mari kita besarkan UIN kedepan. Dengan adanya kesadaran seperti itu, diharapkan menjadi semangat untuk lebih baik lagi,” terang Manmud.

Dirjen Pendis Kemenag, M Ali Ramdani menyatakan sebuah pencapaian yang luar biasa dan bukan suatu kejadian instan.

“Kita bangga, potensi yang kita miliki adalah potensi yang luar biasa, profesor adalah gelar akademik tertinggi dan amat sangat terhormat bahwa didalamnya ada ruang keuletan. Kecerdasan tanpa keuletan tidak akan menghasilkan karya. Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan fisik, kecerdasan spiritual. Keempat elemen tersebut adalah hal penting dan muaranya adalah kebijaksanaan,” tuturnya.

“Saya selalu menyampaikan bahwa berhentinya proses belajar pada seseorang adalah kematian yang hakiki. Karena orang yang terpelajar hanyalah pemilik masa lalu dan orang yang terus belajar adalah pemilik masa depan,” pungkasnya.

Senior Manager MURI, Triyono mengatakan penganugerahan MURI pada pengukuhan 13 Guru Besar di UIN Bandung hingga saat ini merupakan jumlah terbanyak.

Penganugerahan Guru Besar di Lingkungan PTKIN yang diraih oleh UIN Bandung tentunya patut menjadi contoh bagi perguruan tinggi yang lain agar terus memperbaiki kinerja untuk lebih baik lagi. *c*

Reporter: Sri Ramadani Intan S
Editor: Jumadi Kusuma

 

Dilasir dari: https: //www.cibermedia.id/uin-sgd-bandung-pecahkan-rekor-muri-kukuhkan-13-guru-besar/

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top