skip to Main Content

Pojok Baca: Ikhtiar IPPNU Kota Bandung Sebarkan Semangat Literasi

Bandung. Media Nu Kota Bandung. Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, kegiatan ini mencangkup proses penyerapan barbagai pengetahuan dan melatih seseorang dalam menganalisa sesuatu dengan kritis. Apalagi dikalangan pelajar dimana pelajar sangat perlu terbiasa dengan berbagai buku pengetahuan. Namun, nampaknya potret kegiatan membaca di Indonesia belum cukup baik, menurut penelitian yang dilakkan oleh UNESCO (tahun 2016) yang dilakukan di 61 negara didunia menunjukan kebiasaan membaca di Indonesia sangatlah tergolong rendah.

Salah satu penyebab rendahnya kualitas membaca pelajar adalah kurangnya akses juga fasilitas yang mendukung, tidak sedikit dibeberapa lokasi tertentu yang sangat sulit menemukan perpustakaan apalagi disituasi pandemi ini. Oleh sebab itu perlu ada solusi untuk menangani dan membantu kualitas membaca pelajar yang harus tetap kita jaga bersama.

Banyak sekali platform lembaga sosial yang peduli akan kualitas membaca pelajar, salah satunya PC IPPNU Kota Bandung  yang mana mereka membangun Forum baca untuk pelajar wilayah kota Bandung dengan nama “ Ruang Pojok Baca.”  Ruang Pojok baca ini tersebar diberbagai madrasah wilayah kecamatan di Kota Bandung dan berpusat di Kesekretariatan PC IPPNU Kota Bandung Jl. Sancang no.8, Kecamatan Lengkong.

Dalam salah satu forum diskusi bersama para ketua dan BPH IPPNU PAC, PK, dan juga PR yang dilakukan secara virtual. Rekanita Regina menyampaikan intruksi untuk setiap perwakilan wilayah kecamatan agar turut terlibat membantu menyalurkan buku buku dengan mendirikan ruang pojok baca diwilayahnya masing masing. Guna membantu para pelajar yang kekurangan fasilitas buku bacaan untuk mengunjungi lokasi ruang pojok baca terdekat.

“ yang saya lakukan dengan rekanita lain dalam mengumpulan buku adalah  dengan membuat poster open donasi buku,  juga menjemput bola dan mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi mengshare setiap postingan kami, karena dengan itu banyak masyarakat yang terdorong untuk membantu kegiatan yang pasti akan bermanfaat dan membahagian semua orang” Ujarnya saat dihubungi melalui telpon, Senin (18/01)

Lebih lanjut, Ketua IPPNU yang tergolong masih muda ini menyebutkan bahwa program ruang pojok baca sudah terlaksana sejak Desember tahun lalu. Namun masih di 5 PAC

“5 PAC kita jadikan sebagai pailot project dan akan mulai dilakukan kembali bulan depan. Kamipun mohon doa dan dukungannya, semoga langkah baik yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar bisa berjalan lancar.”Lanjutnya.

Iapun mengajak pelajar dan masyarakat umum yang ingin menyumbangkan donasi berupa buku bisa langsung dikirim ke secretariat PC IPPNU Kota Bandung di Jalan Sancang No.8

Pewarta: Gina
Editor: Siti Fatonah

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top