skip to Main Content

Memeluk Keberagamaan

Sumber Gambar: Pixabay

Indonesia merupakan negara yang multikultural, sebuah bangsa yang memiliki beragam suku bangsa, adat istiadat, kebudayaan, bahasa bahkan agama. Keberadaan Indonesia yang beragam membuat negara ini banyak diperbincangkan dimana-mana. Setiap kisahnya menjadi hal yang paling menarik untuk dibahas. Keberagaman yang hadir ditengah-tengah kehidupan berbangsa merupakan berkah yang tak hingga, yang diberikan oleh Sang pemilik keberkahan.

Sayang seribu sayang, keberagaman yang menuai keberkahan tersebut, akhirakhir ini sedang terguncang. Bahkan nyaris menimbulkan ketegangan diantara kedamaian yang sudah tercipta, isu-isu mengenai keagamaan menjadi isu yang paling laris terjual kemasyaraat. Isu-isu berkonten agama digunakan untuk membungkus kepentingan segelintir kelompok, masyarakat awam dibuat bingung dengan kondisi tersebut. Hal ini tentu menjadi tangtangan yang serius yang harus dihadapi bersama demi mengembalikan keadaan yang damai. Konsep persatuan yang bangsa kita miliki, yang tertuang dalam ideologi bangsa. Pancasila. Sejatinya haruslah tertuang dalam pola pikir dan pola tingkah yang dilakukan sehari-hari, jangan sampai hanya dijadikan simbol saja. Keadaan berbangsa yang hari ini mulai panas yang menjadikan isu agama sebagai tren market, haruslah dijawab dengan pola yang dapat mendamaikan masyarakat. Terlebih peranan mahasiswa yang menjadi poin penting dalam pemberdayaan ditengah-tengah masyarakat.

Konsep-konsep mengenai plurasistik haruslah digaungkan kembali, dibarengi dengan tindakan nyata yang kita lakukan. Bukan hanya sibuk dengan tugas kampus atau bahkan bersikap apatis dengan keadaan sekitar. Kiranya membuat kondisi lingkungan sekitar menjadi stabil haruslah segera dilaukan, jangan sampai masyarakat terus menerut kebingungan hingga menimpulkan salah tindakan yang menyebabkan perpecahan diantara sesama.

Melihat kondisi bangsa hari ini, penulis merasa perlu digaunkan kembali mengenai konsep trilogi ukhwah atau tiga konsep persaudaraan yang pernah dikenalkan oleh Kiyai karismatik KH. Ahmad Shiddiq, tiga konsep tersebut yakni menyatukan antara persaudaraan sesama umat islam, persaudaraan dalam ikatan kebangsaan dan persaudaraan sesama manusia. Tiga konsep yang dipaparkan dalam rangka menjaga hubungan baik antara masyarakat, agama dan bangsa.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top