skip to Main Content

Hikmah adanya Covid-19 dalam Kehidupan

Bandung, Media Center NU Kota Bandung. Penyebaran virus Covid-19 masih terus berkangsung di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Oleh karenanya pemerintah Indonesia memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) menjadi semaki ketat. Namun, tentunya dibalik sebuah musibah ada hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian Covid-19. Melasir dari CNN Indonesia, KH. Wahyul Afif Al-Ghofiqi menyebutkan ada sepuluh hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian pandemi yang sudah menyebar hampir dua tahun ini.

Sekreratis PCNU Kota Bandung ini menyebutkan, bahwa tiap-tiap kejadian, musibah, wabah dan lain sebagainya terdapat hikmahyang bisa diambil bagi mereka yang mau berfikir serta bertafakur. Karena kejaidan tersebut, terjadi atas izin dari Allah Swt. Menurutnya, kejadian Covid-19 menjadi saat yang tepat untuk menyadari tentang banyak hal yang berhubungan antara manusia dengan Allah, Manusia dengan manusia serta manusia dengan alam. Adapun sepuluh hikmah tersebut yakni:

Menyadari Kemahakuasaan Allah SWT
Kejadian pandemi yang sudah berlangsung hampir dau atahun ini, membuat kita menyadari bahwa kekuasaan Allah SWT mutak atas segala sesuatu. Allah berkuasa atas keamtian, kehidupan dan kehancuran suatu negara atau bangsa. Begitupun atas kuasanya dengan membuat keadaan menjadi lebih baik.

Covid-19 Mengajarkan untuk Tidak Sombong
Pandemi Covid19 menunjukkan bahwa manusia tidaj bisa menyombongkan diri dengan kemampuan ataupun harta yang dimilikinya karena semua yang dimiliki adalah miliki Allah SWT. Hal tersebut menyadarkan kita untuk tidak sombong, betapa sebuah negara dengan tingkat pendidikan yang tinggi, teknologi yang maju, tidak berdaya oleh makhluk Allah yang sangat kecil, bahkan tidak nampak oleh maata telanjang. Menjadikan kita, menyadari bahwa sesungguhnya tidak ada hal yang perlu disombongkan.

Semakin bertaqwa Kepada Allah SWT
Hikmah Covid-19 berikutnya adalah membuat manusia untuk terus mengingat Allah dan bertakwa kepada Allah SWT. Di tengah situasi sulit ini, tak ada yang bisa memberikan pertolongan selain atas izin Allah SWT.

Beribadah dengan Ikhlas
Kejadian pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa Allah SWT, menginginkan agar setiap orang beribadah dengan ikhlas dan khusu. Tempat beribadah umat manapun ditutup, ini mengharuskan kita sadar bahwa Sang pencipta ingin kita beribadah dengan tulus dan ikhlas di rumah, menjadi momentum kita untuk bermuhasabah diri dengan khusu dirumah tanpat dipertontonkan atau ditunukkan dnegan penuh kesombonga.

Menginagtkan Kematian
Covid-19 juga menjadi pengingat manusia pada kematian, alam kubur, dan akhirat. Setiap orang harus bersiap-siap untuk menghadapi kematian yang bisa datang kapan saja dengan memperbanyak amal ibadah.

Meningkatkan Kepedulian
Kejadian Covid-19 membawa hikmah untuk kita semua untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama. Baik kepada keluarga, tetangga, teman, rekan kerja maupun dengan yang lainnya. Mungkin selama ini kita hidup dengan cuek, tidak mau tahu dengan kesusahan atau kesedihan orang lain. Namun, saat kondisi yang serba sulit ini sudah saatnya kita peduli dan saling membantu. Bekerja sama dan bergotong rotong menghadapi penyakit ini agar segera berakhir.

Menurut Kiai yang akrab di sapa Pak Yai Mako ini, menyebutkan bahwa kita tidak boleh egois seperti enggan memakai makser dan tidak mematuhi prokes yang sudah ditetapkan pemerintah. Karena tindakan egois kita bisa merugikan dan membahayakan orang lain. Sebaliknya, kejadian ini menjadikan kesempatan untuk kita bisa dimanfaatkan agar kita bisa saling memperhatikan, menunjukkan kasih sayang, bercengkrama dan saling membantu.

Menyerahkan pada Ahlinya
Pnademi Covid-19 juga menunukkan bahwa segala sesuatu dalam penanganan harus duserahkan pada ahlinya. Baik pendapat mengenai pengendalian penyebaran, penanganan dalam mengurangi angkat kematian dan lain sebagainya, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya. Supaya segalanya segera usai.

Terus Menambah Ilmu
Dimasa pandemi ini, setiap orang dituntut untuk terus menambah ilmu. Baik ilmu agama maupun bidang ilmu lainnya, hal ini tentunya untuk meningkatkan kualitas diri kita. Agar bisa membawa kehidupan menjadi lebih baik. Apalagi dengan keadaan yang serba digital hari ini, membuat kita harus terus menambah skill yang kita miliki.

Menjaga Kebersihan
Hikmah Covid-19 berikutnya adalah mengingatkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, berwudu, dan mandi agar terhindar dari Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya.

__________________________________________________________________________________________

Dilasir dari https://www.cnnindonesia.com dan dilakukan beberapa redaksi untuk penyesuaian

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top