skip to Main Content

Berani Percaya Diri: Beda Dari Yang Lain Gak Masalah

Para Peserta Webinar PAC IPNU IPPNU Buahbatu

Bandung, Media Center NU Kota Bandung.  Webinar merupakan salah satu ajang untuk memperkuat eksistensi menyampaikan motivasi melalui media,apalagi dengan situasi pandemi seperti ini ,webinar selalu menjadi pilihan bagi motivator-motivator sebagai pengganti dari seminar secara tatap muka.

Pada jumat (25/12) kami dari PAC IPNU IPPNU Buahbaru telah mengadakan Webinar yang bertemakan “Berani percaya diri: beda dari yang lain?gak masalah”. Webinar kali ini juga mendapat dukungan secara Universal dari berbagai peserta dan khususnya kader-kader IPNU IPPNU yang ada di Kota Bandung bahkan diluar Kota Bandung.

Jika dikaitkan dengan tema yang diusung, mengenai “Berani percaya diri” ini selalu menjadi permasalahan yang utama ditengah para pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat yang sedang ingin berkarya dan menampilkan jati dirinya kepada khalayak ramai. Pelaksanaan webinar inilah tujuannya untuk mengupas tuntas mengenai percaya diri yang masih sulit didapatkan oleh beberapa orang untuk bisa lebih berani percaya diri untuk menampilkan dirinya dan karyanya.

Para peserta webinar PAC IPNU IPPNU Buahbatu
Para peserta webinar PAC IPNU IPPNU Buahbatu

Narasumber pada kegitan webinar in yakni, Ketua PC IPPNU Kota Bandung. Regina Puspita Sari, memberikan beberapa materi, motivasi dan semangat kepada para partisipan untuk menanggulangi rasa ketidak percayadirian seseorang untuk tampil lebih  “Berani Percaya Diri”. Diantaranya ada cara untuk kita selalu “Berani percaya diri” :

Know yourself (kenali dirimu)

Mengenal diri sendiri jauh lebih sukar dari pada ingin mengetahui kepribadian orang lain. Sebab itu, kenalilah dirimu sebelum mengenal kepribadian orang lain. “ (Buya Hamka). Artinya sebelum kita melakukan tindakan kita harus tau dan mengenal diri kita, potensi dan bakat apa yang kita miliki.

Take on the Challenge (terima tantangan)

Selanjutnya, salah satu cara utuk melatih rasa percaya diri adalah dengan menerima tantangan yang ada, adapun tips untuk bisa siap menerima tantangan adalah; bersahabat dengan kegagala, lebih tau resiko dan konsekuens, menumbuhkan rasa percaya diri, lebih berhati-hati, resiko/konsekuensi, menyusun strategi dan memahagi passion.

Stop Comparing Yourself (berhenti membandingkan diri sendiri)

Kita harus tersadar bahwa semua manusia tidak ada yang sempurna,semua orang punya garis waktunya sendiri,dan kita mempunyai kelebihan tersendiri. Namun,seringkali kita melakukan kesalahan yaitu dengan kita harus tampil sempurna,ingin sukses dalam satu waktu,merasa tidak bisa melakukan apapun. Hal itu bisa saja membuat kita terus tidak bersyukur atas segala nikmat yang allah berikan kepada kita

Mencatat Setiap Prestasi

Terkadang kita harus memperlihatkan bentuk apresiasi diri terhadap diri kita, seperti apa yang sudah dicapai dan bagaimana cara kita memperlakukan diri kita saat mendapatkan prestasi tersebut. Hal tersebut membantu kita untuk terus bersemangat dan lebih percaya diri dengan diri kita sendiri.

Menambah Wawasan dan Relasi

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan terus meng-upgrade wawasan yang kita miliki, hal tersebut sangat bermanfaat agar kita bisa mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada. Selain menambah wawasan kitapun,  diharapkan bisa terus membangun relasi yang ada. Menggambil pelajaran baik dari kehidupan orang-orang yang memiliki passion yang sama dengan kita, hal tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan yang kita miliki dan membuat kita semakin percaya diri.

Alternative Resources

Jangan pernah kamu lakukan sesuatu untuk mengharapkan kebahagiaan orang lain atas karyamu. Tapi lakukan sesuatu karena rasa tanggung jawab mu akan penyelesaian tugas yang harus diselesaikan.

Pewarta: Latifatunnisa

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top